PENDIDIKAN EKONOMI MENGAJAR 2021: IMPLEMENTASIKAN PERANMU DALAM DUNIA PENDIDIKAN

 

 

PENDIDIKAN EKONOMI MENGAJAR 2021:

IMPLEMENTASIKAN PERANMU DALAM DUNIA PENDIDIKAN

 

HMP PE LIBRA telah melaksanakan program kerja Pendidikan Ekonomi Mengajar (PEJAR) pada 31 oktober 2021. PEJAR merupakan salah satu program kerja dari divisi humas yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam kegiatan mengajar. Jadi, seluruh peserta PEJAR akan terjun langsung ke sekolah untuk mengajar. Akan tetapi, karena saat ini masih dalam situasi pandemi covid-19 maka, acara PEJAR tahun ini dilaksanakan secara online melalui media platform zoom cloud meeting, google meeting, dan  youtube. PEJAR tahun ini bekerja sama dengan SMK Panti Pamardi Siwi 1 Ngrambe yang berada di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Tahun ini PEJAR mengusung tema “Implementasi Peran Mahasiswa dalam Dunia Pengajaran Tingkat Sekolah Menengah melalui Pengembangan Media Pembelajaran Edukatif dan Interaktif di Masa Pandemi Guna Mewujudkan Merdeka Belajar.” PEJAR 2021 dilaksanakan dalam beberapa tahapan di antaranya Pendaftaran dan Seleksi Admisnistrasi (6-15 September), Seleksi Wawancara Peserta (19/9), Pembinaan Peserta (26/9), Pembukaan Acara PEJAR 2021 (2/10), Pelaksanaan Acara PEJAR 2021 (18/10 & 25/10), dan Penutupan Acara PEJAR 2021 (31/10).

Proses seleksi wawancara diikuti oleh sejumlah 32 orang mahasiswa pendidikan ekonomi mulai dari angkatan 2019 sampai 2021. Seleksi wawancara ini dilakukan melalui media platform zoom cloud meeting. Selanjutnya, diambil sebanyak 15 peserta yang kemudian dibagi menjadi 3 tim untuk mengampu masing-masing mata pelajaran. Adapun mata pelajaran yang diambil adalah Administrasi Umum, Ekonomi Bisnis, dan Komunikasi Bisnis.

Setelah melalui proses seleksi wawancara dan pengumuman, para peserta PEJAR diberikan pembinaan mengenai materi media pembelajaran oleh Ibu Lisana Oktavisanti Mardiyana, S.Pd., M.Pd. dan materi desain oleh Kak Indah Nurhalimah (Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019). Proses selanjutnya adalah acara Pembukaan PEJAR 2021 yang dilaksanakan secara online melalui media platform zoom cloud meeting. Berikutnya, peserta PEJAR diberikan tenggat waktu selama 2 minggu untuk membuat media pembelajaran yang edukatif dan interaktif.

Setelah pembuatan media pembelajaran selesai, pada tanggal 18 oktober 2021, para peserta PEJAR mengimplementasikan media pembelajarannya kepada siswa-siswi SMK Panti Pamardi Siwi 1 Ngrambe secara langsung melalui media platform google meet secara berurutan. Pengaplikasian media pembelajaran selanjutnya dilaksanakan pada tanggal 25 oktober dengan mengirimkan langsung video pembelajaran yang telah dibuat oleh para peserta (dapat diakses melalui youtube) kepada SMK Panti Pamardi Siwi 1 Ngrambe. Selanjutnya, setelah serangkaian acara PEJAR dilakukan selama bulan oktober, pada tanggal 31 oktober tepatnya acara PEJAR 2021 resmi ditutup.

Harapannya, semoga acara PEJAR 2021 ini dapat memberikan manfaat khususnya kepada para mahasiswa pendidikan ekonomi untuk meningkatkan kemampuan mengajarnya. Selain itu, dengan adanya acara PEJAR 2021 ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada sekolah partner untuk meningkatkan kembali semangat belajar siswa-siswinya meski di masa pandemi. Terakhir, harapannya semoga acara PEJAR tahun berikutnya dapat terlaksana dengan lebih baik lagi.

 

Penulis : Putri Diana Juliawati

Editor : Zam Aditama Irfan Sumardi