PENA LIBRA HMP LIBRA 2022

PENA LIBRA HMP LIBRA 2022

Minggu, 27 Maret 2022, Merupakan hari puncak terlaksananya program kerja tahunan PENA LIBRA oleh HMP PE LIBRA. Acara ini merupakan Pengembangan dan Edukasi Penulisan Ilmiah. PENA LIBRA bertujuan untuk memberikan pelatihan dasar dan meningkatkan minat mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020 dan 2021 dalam penulisan essay dan karya tulis ilmiah. Dalam Kegiatan PENA LIBRA, peserta akan diberikan pelatihan mengenai bagaimana cara menulis essay dan karya tulis ilmiah yang baik oleh pemateri yang berkompeten dibidang kepenulisan. Kemudian, peserta juga akan langsung diarahkan untuk membuat karya, baik itu essay atau KTI. PENA LIBRA 2022 mengangkat tema “Optimalisasi Inovasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam Menciptakan Perekonomian Kreatif sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Nasional guna Mewujudkan Sustainable Development Goals 2030”. Kegiatan ini dilaksanakan secara Daring melalui virtual meeting (zoom) dan berlangsung selama dua hari yakni pada Sabtu dan minggu tanggal 20 dan 27 Maret 2022 yang diikuti oleh 1 Individu dan 11 Tim sehingga jumlah keseluruhan adalah 23 peserta.

Sabtu (20 Maret 2022) dimulai puku 08.00 WIB, Acara PENA LIBRA diisi dengan penjelasan materi kepenulisan yang disampaikan oleh dua narasumber yaitu Kak Miftahul Jannah (Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017) yang menjelaskan Materi Essay dan Kak Devy Damayanti (Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019) yang menjelaskan materi KTI. Setelah pemaparan materi selesai, peserta kemudian diarahkan untuk mulai mengerjakan karya ilmiah tersebut sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh panitia yaitu Senin –  Sabtu. Pembagian tugas dilakukan secara acak menggunakan aplikasi spinner guna menentukan siapa saja yang akan membuat essay atau KTI dengan proporsi pembagian yang seimbang. Setelah dilakukan pembagian tugas secara acak dengan aplikasi tersebut didapatkan 5 tim yang mengerjakan Essay, 1 Individu mengerjakan KTI serta  6 tim lainnya mengerjakan KTI.

Minggu (27 Maret 2022) dimulai pukul 08.30 WIB, PENA LIBRA diisi dengan kegiatan Presentasi Hasil Karya Ilmiah para peserta. Dewan Juri dalam kegiatan ini adalah Mukhamad Zulianto, S.Pd., M.Pd dan Dwi Herlindawati, S.Pd., M.Pd selaku dosen Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember. Setiap peserta selesai melakukan presentasi, Kedua Dewan Juri tersebut memberikan pertanyaan, saran maupun Kritik untuk peserta yang telah melakukan presentasi tersebut. Output yang dihasilkan adalah semua peserta maupun panitia yang hadir dalam acara tersebut dapat mengetahui bagaimana proses pembuatan karya ilmiah yang baik dan cara Presentasi karya tesebut, sehingga membuat mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jember semakin berpikir kritis, komprehensif, dan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan baru. Semoga kegiatan PENA LIBRA 2022 dapat mencapai tujuan yang diharapkan yakni meningkatkan kemampuan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam hal kepenulisan ilmiah. Adapun acara PENA LIBRA diakhiri pada pukul 15.00 WIB.

 

Penulis : Nursyifa Sabila Julihana

Editor  : Fattah Rieza Priyanto