PELAKSANAAN DIKLAT DAN PENGUKUHAN HMP PE LIBRA 2022

Pelaksanaan Diklat dan Pengukuhan HMP PE LIBRA 2022

Jember – Minggu (13/2) telah dilaksanakan kegiatan Diklat dan Pengukuhan HMP PE LIBRA 2022. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang wajib dilaksanakan guna melanjutkan tongkat estafet kepengurusan pada generasi selanjutnya. Tahun ini, kegiatan Diklat dan Pengukuhan HMP PE LIBRA dilaksanakan secara offline dan online. Mengingat saat ini kita sedang berada dalam situasi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan kita untuk melaksanakan sepenuhnya kegiatan secara offline. Sehingga, kegiatan Diklat dan Pengukuhan tahun ini dilaksanakan dengan 2 cara yakni secara offline di Gedung 1 FKIP (dihadiri oleh pengurus inti, demisioner dan alumni pengurus HMP PE LIBRA periode sebelumnya) dan secara online melalui virtual meeting yaitu Zoom yang dihadiri oleh pengurus baru HMP PE LIBRA 2022 dan pengurus lama yang tidak bisa hadir secara offline. Meski demikian, hal tersebut tidak menyurutkan semangat dan antusias peserta dalam melaksanakan kegiatan ini.

Diklat dan Pengukuhan HMP PE LIBRA 2022 mengangkat tema “Regenerasi Organisasi dalam Upaya Melahirkan Jiwa Kepemimpinan Pengurus HMP PE LIBRA yang Komunikatif, Progresif, dan Dedikatif” yang bertujuan untuk mencetak pengurus yang Komunikatif yaitu senang berbicara, bergaul dan bekerjasama satu sama lain. Progresif yaitu dapat melaksanakan perubahan yang mengarah pada keadaan yang baik serta Dedikatif yaitu seseorang yang dapat menjalankan tugas dengan baik dan tidak menyusahkan orang lain. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni pada hari Minggu dan Senin tepatnya pada tanggal 13-14 Februari 2022.

Diklat hari pertama (13/2) dimulai pada pukul 08.45 WIB diisi dengan serangkaian acara yang terdiri dari SERTIJAB (Serah Terima Jabatan) dan pengucapan ikrar, sambutan-sambutan, serta penyampaian materi tentang organisasi dan kepemimpinan oleh para narasumber yakni Kak Ruliyanto Ratno Saputro S.Pd. dan Kak Naila Marom Salsabila. Diklat hari pertama juga turut dihadiri oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Ekonomi yakni Pak Wiwin Hartanto, S.Pd., M.Pd., Ketua BEM FKIP Universitas Jember 2022 yakni Inggit Setia Pranata , Alumni, Demisioner, Dewan Pertimbangan dan Tamu undangan dari HMP Laing yang ada di FKIP UNEJ. Dalam sambutannya Bapak Wiwin berpesan agar kedepannya kepengurusan 2022 dapat memiliki banyak relasi sebanyak-banyaknya baik dari Internal maupun Eksternal, berkembang dan memperbaiki kesalahan-kesalahan pada tahun sebelumnya serta lebih baik lagi dalam melaksanakan kinerja dan amanahnya.

Pada kegiatan ini Kak Ruliyanto Ratno Saputro S.Pd. selaku pemateri pertama menyampaikan bahwa Regenerasi organisasi adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh organisasi setiap tahunnya guna melanjutkan estafet kepengurusan. Regenerasi diartikan sebagai membawa gagasan baru atau sejenisnya bagi suatu organisasi untuk dilakukan demi meningkatkan kinerja organisasi. Dan dalam menjalankan suatu organisasi kita harus memahami visi dan misi kita agar semuanya dapat terukur. Selanjutnya sebagai SDM yang menjalankan suatu organisasi kita harus bertanggung jawab, mampu berkolaborasi, dan loyal terhadapnya.

Selanjutnya, Kak Naila Marom Salsabila selaku pemateri kedua menyampaikan bahwa untuk menjadi seorang pemimpin kita harus mengetahui kondisi internal organisasi yang kita pimpin, diantaranya yaitu mengenal karakter pengurus, berkomunikasi, menjadi pendengar yang baik, dan lain-lain. Selain itu, ada pepatah belanda yang mengatakan leiden is lidjen yang artinya keikhlasan para pemimpin untuk rela menderita demi rakyat yang dipimpinnya. Adapun diklat hari pertama berakhir pada pukul 13.00 WIB.

Diklat hari kedua (14/2) dimulai pukul 08.00 WIB dan diisi dengan serangkaian games yang sangat seru dan menarik. Acara dimulai dengan perkenalan dan berbagi cerita diri masing-masing dan dilanjutkan dengan games antara lain barang berharga, tebak kata, dan quiziz yang diikuti oleh semua peserta. Para peserta sangat semangat dalam mengikuti games yang diadakan disamping bertujuan untuk lebih mengenal satu sama lain, dengan games ini dapat membangun keakraban dan kerjasama antar pengurus. Adapun di penghujung acara diakhiri dengan pengumuman kejuaraan dan pemberian reward kepada pemenang games tersebut.

Segenap Pengurus HMP PE LIBRA 2022 berharap semoga dapat menjalankan amanah dan tanggung jawab dengan baik serta mampu bersinergi dan menjaga solidaritas sehingga kepungurusan tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Apalagi di masa pandemi ini kita dituntut untuk tetap menjalankan semua program kerja yang ada meskipun secara virtual.

 

Penulis : Nursyifa Sabila Julihana

Editor : Fattah Rieza Priyanto