DEBAT EKONOMI 2022

 

 

DEBAT EKONOMI 2022

Sabtu. (8/10) Telah terlaksana salah satu program kerja tahunan dan termasuk dalam acara Diesnatalis-40 HMP PE LIBRA yaitu Debat Ekonomi 2022. Acara ini merupakan pembahasan atau pertukaran pendapat mengenai permasalahan ekonomi dan pendidikan yang diberikan dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan argumentasi masing-masing. Debat ekonomi tahun ini mengusung temaPemerataan Pendidikan dan Pengembangan Indonesia dalam Menghadapi IPTEK dan mewujudkan SGDS 2030”. Kegiatan ini dilaksanakan secara full Offline di gedung 1 FKIP Universitas Jember dan diikuti oleh 18 peserta yang membentuk 6 Tim dari pendelegasian angkatan 2020, 2021, dan 2022 dimulai pukul 08.20 WIB dan diakhiri pukul 13.45 WIB. Dewan Juri dalam kegiatan ini adalah Dr. Hety Mustika Ani M.Pd., dan Lisana Oktavisanti Mardiyana, S.Pd., M.Pd selaku dosen Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember.

Sabtu (1/10) dimulai pukul 08.00 WIB, acara Debat Ekonomi diisi dengan Pembekalan dan penjelasan materi Debat yang disampaikan oleh narasumber yaitu Kak M. Irfan Maulana (Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019) Pembelakan debat dilaksanakan secara full Offline di Gedung 1 FKIP Universitas Jember dihadiri oleh para peserta dan panitia. Selain Penjelasan materi, pada hari tersebut jugadilakukan Technical Meeting (TM) guna menentukan 6 Tim. Setiap Tim terdiri 3 peserta dari angkatan 2020, 2021, dan 2022. Proses penentuan Tim dilakukan secara acak menggunakan aplikasi Spinner Online.

Minggu (2/10) dimulai pukul 15.30 WIB, Debat Ekonomi diisi dengan Kegiatan simulasi debat. Setiap dua Tim akan melakukan simulasi debat yang terdiri dari Tim Pro dan Tim Kontra. Moderator akan memberikan mosi secara acak dan dapat diperdebatkan oleh kedua Tim. Setelah melaksanakan Simulasi debat dari setiap Tim, Pemateri yaitu Kak M. Irfan Maulana memberikan komentar terhadap simulasi yang telah dilakukan. Adapun simulasi debat diakhiri pukul 18.00 WIB. Itulah serangkaian Acara Debat Ekonomi 2022 Output yang dihasilkan adalah semua peserta maupun panitia yang hadir dalam acara tersebut menjadi semakin kritis, meningkatkan skill Public Speaking dan berargumentasi baik secara Internal maupun Eksternal.

Penulis : Nursyifa Sabila Julihana

Editor   : Fattah Rieza Priyanto