Via Google Meet, Libra Gelar ”Semarak Ramadhan” Online di Masa Pandemi Covid-19

Suasana Semarak Ramadhan oleh HMP Libra Via Google Meet

Civitas akademika Universitas Jember sedang melaksanakan program Bekerja dari Rumah (WFH) dan Belajar dari Rumah (LFM). Hal ini tentu memberikan dampak pada beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan, misalnya wisuda periode V T.A 2019/2020 yang pada akhirnya mengalami penundaan hingga waktu yang tidak ditentukan. Terkait hal ini, beberapa program kerja dari HMP PE Libra pun memilih untuk dilaksanakan secara online, seperti program kerja dari Divisi Keagamaan, Semarak Ramadhan.

Dengan tema ”Jaga Jarak, Jaga Diri, dan Jaga Hati di Bulan Suci” Libra sukses menggelar Semarak Ramdhan secara online pada Sabtu, 16 Mei 2020 via Google Meet, dan media lain berupa grub obrolan WhatsApp. Acara ini juga dihadiri oleh Bapak Wiwin Hartanto selaku Kepala Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Jember. Acara ini memiliki sekitar 80 partisipan dari Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang telah mendaftar dengan mengikuti beberapa prosedur pendaftaran.

Dalam sambutannya, ketua panitia Semarak Ramadhan Syarifatul Lailia mengatakan bahwa diadakannya Semarak Ramadhan adalah untuk menjalin dan mempererat ukhuwah islamiah (persaudaraan antar muslim), menambah wawasan, fastabiqul khoirot (berlomba-lomba dalam kebaikan), dan supaya kita bisa lebih berhati-hati dalam menjaga lisan, jarak, dan hati baik secara sudut pandang sosial maupun agama.

Tanpa shalat tarawih berjamaah dan berbuka puasa bersama seperti tahun sebelumnya, Semarak Ramadhan tahun ini diawali dengan tadarus Al-Qur’an yang bagian ayat dan suratnya telah dibagi sebelumnya di grup obrolan WhatsApp, kemudian membaca doa khataman bersama. Berikutnya dilanjutkan dengan kajian online dengan lingkup bahasan meliputi keistimewaan di bulan Ramadhan, berpuasa dan sebagainya, yang di sampaikan oleh Gus Samsul Huda. Gus Samsul Huda juga menyampaikan bahwa tetap jaga jarak dan sabar menunggu jalan keluar adalah ibadah, karena musibah tidak selamanya datang.

 

 

Penulis : S.Ismiatul

Editor  : Nabila