TRANSFIDI: “Menyongsong Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang Kreatif, Inovatif dan Berkarya Nyata di Era Globalisasi Melalui Penulisan Ilmiah”

Training and Scientifict Discussion Economic Education (TRANSFIDI) merupakan program kerja Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi LIBRA (HMP PE LIBRA) yang ditujukan kepada mahasiswa pendidikan ekonomi untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat Karya Tulis Ilmiah. Tidak seperti tahun lalu, tahun ini kegiatan ini dibuat sedikit berbeda dimana para peserta di dampingi secara khusus hingga tiap kelompok dapat mengirimkan karya tulis dalam setiap lomba KTI yang diadakan oleh instansi tertentu.

Turunnya antusiasme minat mahasiswa Pendidikan Ekonomi terhadap lomba-lomba karya tulis ilmiah menjadi salah satu alasan diadakan kegiatan ini. Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi LIBRA Aditya Hardyansyah menyebutkan, untuk meningkatkan semangat menulis mahasiswa Pendidikan Ekonomi perlu suatu terobosan atau kegiatan tertentu untuk membangun kembali semangat menulis para mahasiswa yaitu melalui pelatihan-pelatihan penulisan. Kegiatan tersebut diadakan untuk meningkatkan kemampuan menulis.

“Turunnya minat menulis mahasiswa dapat disebabkan berbagai factor. Oleh karena itu, perlu adanya stimulus-stimulus tertentu untuk meningkatkan kembali semangat menulis mahasiswa,” kata dia dalam sebuah acara pelatihan penulisan di Gedung 1 FKIP Universitas Jember, Jember, Minggu,(7/4).

Kegiatan ini dilaksanakan karena setiap mahasiswa dituntut mampu membuat Karya Tulis Ilmiah untuk tugas akhir. Dalam kegiatan ini di ikuti oleh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017 dan 2018 dengan pemaparan materi oleh mahasiswa yang berkompeten dan berpengalaman di bidang Karya Tulis Ilmiah.

Kepala Divisi Keilmuan HMP PE LIBRA 2019 Winda Maulita berharap kegiatan ini menjadi program kerja berkelanjutan sehingga kegiatan ini mampu memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pembuatan Karya Tulis Ilmiah agar mahasiswa mudah dalam mengikuti berbagai perlombaan di bidang karya tulis dan mampu memperoleh prestasi yang dapat mengangkat nama Pendidikan Ekonomi khususnya.

“ya, semoga kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang mampu mengangkat prestasi mahasiswa dan program studi pendidikan ekonomi ini. Dan semoga kegiatan ini menjadi progam tahunan mahasiswa,” tuturnya, Jember, Minggu, (7/4).

(da)