Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu program studi yang ada di bawah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) FKIP Universitas Jember. Program Studi Ekonomi secara formal diselenggarakan berdasarkan SK Dirjen Dikti No: 44/Dikti/Kep./1984, tanggal 18 Juli 1984, dengan nama Program Studi Pendidikan Koperasi. Kemudian diperbarui dengan SK Dirjen Dikti No.: 020/DIKTI/Kep./1996, tanggal 11 Juli 1996, dengan nama Program Studi Pendidikan Ekonomi. Terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No.020/BAN-PT/Ak-IX/S.1/X/2005, tertanggal 27 Oktober 2005 dengan nilai 344 (Peringkat B). Dan untuk tanggal 16 September 2011 Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No.024/BAN-PT/Ak-XIV/S1/IX/2011 dengan nilai 311 (Peringkat B).

Pada perkembangan selanjutnya, Program Studi Pendidikan Ekonomi semakin berkembang dengan berbagai prestasi pendukung yang telah diraih. Sampai pada tahun 2014 Program Studi Pendidikan Ekonomi dapat meraih prestasi sebagai Prodi berprestasi se-Universitas Jember.

Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember kedepan memiliki prospek  yang sangat baik, karena peluang kebutuhan guru pendidikan ekonomi yang semakin meningkat pada setiap jenjang sekolah, disamping itu respon dan minat masyarakat terhadap pendidikan ekonomi relatif besar. Kondisi ini ditunjukkan oleh bertambahnya permintaan sekolah-sekolah terhadap guru-guru  bidang studi ekonomi seiring dengan bertambahnya jumlah sekolah yang ada serta besarnya animo lulusan SLTA/SMK yang ingin masuk menjadi calon mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi.

Kondisi tersebut di atas didukung oleh dikembangkannya sistem informasi melalui jaringan internet dan e-mail Fakultas, Jurusan dan Progran Studi Pendidikan Ekonomi dan dikembangkannya penyebaran informasi  melalui media massa maupun kelompok alumni.

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=xgrh9H1ZI0Y&w=640&h=315]