Penulis

subarkah

NAMA : SUBARKAH
NIP : 19711101 199903 1 003
Pangkat / Gol : Pembina / IVa
Tempat Tanggal Lahir : Lumajang, 1 Nopember 1971
Jenis Kelamin : Laki-laki
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 SINGGAHAN TUBAN

Alumni Pendidikan Ekonomi FKIP UNEJ Tahun 1993

Abstrak

Daya Saing keberhasilan pembaruan kurikulum ditunjukkan dengan adanya perubahan pada pola kegiatan belajar-mengajar, memilih model pembelajaran, dan menentukan strategi belajar yang merujuk pada hasil evaluasi untuk meningkatkan prestasi. Oleh karena itu, penulis merasa bahwa permasalahan atau fenomena tersebut perlu diatasi dengan tindakan yang mengandung upaya guru untuk meningkatkan kebermaknaan dan kecakapan siswa dengan pembelajaran yang menyenangkan.

Pencapaian tersebut salah satunya melalui implementasi sebuah Strategi Model Pembelajaran Toserba Kuis Famili 30-2 ntuk meningkatkan hasil evaluasi belajar standar kompetensi inflasi. Kuis Famili 30-2 terinspirasi dari Acara Televisi fenomenal yang awalnya di bawakan presenter kondang Sony Tulung dan kini dibawakan oleh Artis serba bisa Tukul Arwana.

Kuis Famili 30-2 adalah bentuk sistem evaluasi yang dilakukan guru untuk memberikan rasa gembira kepada siswa sehingga mencapai hasil evaluasi pembelajaran yang menjadi tujuan guru dari beberapa aspek atau komponen penilaian. Langkah awal dalam melaksanakan Kuis Famili 30-2 ini adalah membuat kelompok seperti pada acara Famili 100. Proses berikutnya adalah memberikan umpan balik mengubah peran siswa menjadi peran guru (TORSEBA : Tutor Sebaya) dimana siswa melalui perwakilan kelompok berperan menjadi guru menjelaskan materi Inflasi. Kemudian di evaluasi dengan model kuis Famili 30-2

Dalam analisa data ternyata lebih dari 82% siswa sebagai subyek penelitian berhasil mengalami ketuntasan belajar, dan lebih dari 84% menyatakan sangat setuju bahwa Strategi Model Torseba Kuis Famili 30-2 itu adalah pembelajaran yang bermakna, meningkatkan kecakapan komunikasi, mudah dipahami, menyenangkan dan dapat digunakan dalam proses berkelanjutan.

Selengkapnya . . .