PENA Libra sebagai Wadah Guna Mengoptimalkan Skill Kepenulisan dan Public Speaking Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Sesi foto bersama peserta dan panitia Pena Libra 2020 dengan Bapak Zulianto selaku dewan juri Pena Libra 2020

Pena Libra atau Pengembangan dan Edukasi Penulisan Ilmiah Libra adalah acara yang memiliki tujuan untuk meningkatkan skill menulis Mahasiswa Pendidikan Ekonomi supaya lebih terasah dan mampu untuk bersaing dalam ajang perlombaan kepenulisan (LKTI).

Mengawali bulan Agustus, acara yang sukses digelar oleh HMP PE Libra ini dilaksanakan dengan dua kali pertemuan yaitu 1&8 Agustus 2020, melalui media Google meet. Peserta yang turut serta dalam acara Pena Libra ini tidak hanya terbatas dari angkatan 2019 saja, melainkan untuk mahasiswa pendidikan ekonomi semua angkatan. Total peserta yang berpartisipasi adalah sebanyak 27 peserta.

Tema yang diambil kali ini yakni “Optimalisasi Pengembangan Speaking Skill dan Scientific Writing Mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam Menghadapi Indonesia Emas 2045”.

Pada pertemuan pertama, kegiatan diisi dengan penyampaian materi oleh Milatul Maftah [Juara 1 Penulisan Puisi Pesta Literasi 2020 Universitas Jember] dan Miftahul Jannah [Finalis LKTIN Research and Essay Competition of Alauddin Makassar, UIN Alauddin Makassar]. Pemaparan materi yang disampaikan lebih berfokus pada materi Karya Tulis Ilmiah dan Essay. Setelah penyampaian materi, para peserta diberi tugas untuk mempraktekkan materi yang telah diberikan dengan membuat sebuah karya tulis ilmiah dengan kelompok masing-masing.

Pertemuan kedua Pena Libra yaitu tanggal 8 Agustus 2020, agenda yang dilaksanakan adalah pelatihan presentasi hasil penulisan karya tulis ilmiah. Sesuai dengan tugas yang diberikan pada pertemuan pertama, peserta dalam bentuk kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya tulis ilmiahnya. Jumlah peserta yang mengumpulkan karya tulis sebanyak 7 kelompok dan yang melakukan presentasi yaitu total 6 kelompok.

Dalam sesi presentasi juga terdapat penjurian yang dilakukan oleh salah satu dosen Pendidikan Ekonomi yakni Muhammad Zulianto, S.Pd., M.Pd. Setelah sesi presentasi selama 15 menit, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pemberian saran atau kritik yang membangun oleh juri. Untuk mengapresiasi peserta, maka akan dipilih 3 karya ilmiah terbaik yang akan mendapat reward yaitu 3 paper terbaik akan dicetak, dan 3 kelompok tersebut gratis untuk mendaftar LINE (Libra’s National Essay Competition) 2020 mendatang.

Pemenang 3 karya ilmiah terbaik yaitu :

  1. Kelompok 3 atas nama Annisa Istiqlallia, Imanda Ayu, dan Tita Dwi Rahayu dengan judul karya “Apakah Ketahanan Pangan Menjadi Salah Satu Penyebab Perekonomian Indonesia Mengalami Resesi?”
  2. Kelompok 6 atas nama Naila Marom, Cindy Febriyanti, dan Tiara Aprilioni dengan judul karya “Eksistensi Startup : Perspektif Ekonomi Digital terhadap Inklusivitas dalam Mewujudkan Ekonomi Digital Terbesar di Asia.”
  3. Kelompok 7 atas nama Cindi Erwina Kusuma, Apriana Dwi, dan Devi Damayanti, dengan judul karya “Peran Mahasiswa melalui Kegiatan Berwirausaha dalam Rangka Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi saat New Normal.”

Penulis : Lilis

Editor : Nabila