Meet and Greet ; Proker Virtual Sebagai Wadah Silaturahmi Mahasiswa Baru Pendidikan Ekonomi 2020

Nuansa Meet and Greet Maba 2020 secara Virtual 

2020 merupakan tahun yang unik, pasalnya keberadaan Covid yang mendadak, mengakibatkan segala program kerja Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi dilakukan secara virtual. Proker Meet and Greet Mahasiswa Baru kali ini yang biasannya dilaksanakan di Gedung 1 pada hari sabtu menjelang pelaksanaan PKKMB UNEJ harus diganti melalui peretemuaan via zoom. Meet and Greet Mahasiswa Baru ini juga bukan proker virtual pertama yang dilaksanakan. Pasalnya seluruh proker HMP Libra periode ini dilakukan dari rumah masing-masing secara daring.

Meet and Greet Mahasiswa Baru dilaksanakan pada Sabtu, 12 September 2020 ba’da isya yang memiliki tujuan untuk lebih mengenal dan mengakrabkan satu sama lain. Walaupun dilaksanakan secara daring, tidak mengurangi sedikitpun euphoria kegiatan ini. Sejumlah 134 Mahasiswa Baru Pendidikan Ekonomi 2020 yang terdiri dari berbagai jalur penerimaan masuk Universitas Jember awalnya telah berkumpul dalam group  whatsapp. Whatsapp sendiri digunakan sebagai wadah penyaluran informasi mulai dari tahap verifikasi online, keperluan masa pengenalan kampus online, hingga informasi mengenai Pendidikan Ekonomi.

Selain covid dan virtual, pada tahun ini yang membedakan adalah Universitas Jember menambah kuota mahasiswa baru sehingga terdapat empat jalur masuk yakni SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, dan UM-Unej. Tidak heran jika kuota Mahasiswa baru Pendidikan Ekonomi lebih banyak dari tahun sebelumnya. Meet and Greet malam itu dibuka oleh M. Fikri Reza Al Firdaus yang berperan sebagai master of ceremony. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan diri Mahasiswa Baru seperti nama lengkap dan asal kota. Sembari menunggu nama mereka dipanggil, setidaknya saling bercanda gurau dan mengetahui wajah teman-teman barunnya yang berada di layar laptop.

Tidak hanya disitu, acara non formal ini juga memberikan sesi sharing singkat kepada kakak tingkat terkait informasi Pendidikan Ekonom. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan ketua angkatan. Dalam forum tersebut terpilih 3 kandidat dengan nama M. Imam, Naufal Herlambang, dan Muhammad Faisal sebelum acara ditutup, dalam kesempatan ini turut menghadirkan tim HRD diketuai oleh Nico Alfonso yang akan memberikan hadiah menarik kepada mahasiswa baru berupa tugas pengenalan dasar manajemen organisasi. Kemudian acara diakhiri dengan sesi foto bersama, dengan harapan keadaan pandemic tidak menghalangi semagat Mahasiswa Baru dalam melaksanakan ospek dan kuliah online, serta kekeluargaan angkatan 2020 tetap terjaga.

 

Penulis : Marom