cuplikan screen shoot LINE 2020 yang diselenggarakan pekan lalu (14/11/2020)

LINE merupakan lomba essay tingkat nasional untuk mahasiswa seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh HMP PE Libra. Tujuan dari diselenggarakannya lomba ini tidak lain adalah sebagai wadah bagi mahasiswa terutama Universitas Jember untuk meningkatkan skill dalam kepenulisan dan menuangkan ide-ide kreatif dan inovatif, kemudian essay tersebut bisa sebagai sumber bacaan, selain itu juga untuk menambah relasi antar mahasiswa universitas Jember.  “Semoga dengan diadakannya LINE 2020 ini bisa menambah silaturahmi dan relasi antar universitas di seluruh Indonesia walaupun dalam keadaan online kali ini” ucap Muhamad Irfan Maulana selaku ketua panitia LINE 2020.

Lomba essay nasional “LINE”, telah resmi ditutup tepatnya pada Sabtu, 14 November 2020 setelah melalui berbagai serangkaian acara mulai dari persiapan pendafaran hingga hari-H presentasi lomba essay. Serangkaian timeline dari LINE Competition sendiri adalah sebagai berikut :

  • Pendaftaran dan Pengumpulan Karya : 28 Juli – 08 oktober 2020
  • Penjurian : 09 – 18 Oktober 2020
  • Pengumuman : 19 oktober 2020
  • Konfirmasi : 19 – 23 Oktober 2020
  • Pengumpulan Video Presentasi : 01 November 2020
  • Technical Meeting : 13 November 2020
  • Grand Final : 14 November 2020

LINE 2020 dilaksanakan melalui 2 media yakni online via zoom meeting dan offline yang dilangsungkan di gedung 1 FKIP UNEJ ruang 44B 101 dan 44B 102. LINE merupakan proker pertama dari HMP PE Libra yang dilaksanakan selain secara online tetapi juga secara offline. Dalam media online yaitu zoom adalah tempat bagi peserta untuk melakukan presentasi sekaligus penjurian. Bersamaan dengan hal itu, panitia beserta para petugas melaksanakan dan mengawasi acara LINE secara offline. Para panitia yang bertugas pun di rekam menggunakan kamera dan dihubungkan dengan zoom.

Pelaksanaan secara offline oleh panitia ini bertujuan untuk memudahkan koordinasi antar panitia supaya acara berjalan dengan lancar dan berakhir dengan kesan yang baik mengingat proker LINE yang berskala nasional. Namun, meski dalam keadaan offline, panitia tetap menegaskan protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, penggunaan hand sanitizer,dan physical distancing.

Acara LINE juga dihadiri oleh tamu undangan yaitu Wakil Dekan III FKIP, Dr. Sukidin yang menyampaikan sambutannya melalui zoom meeting serta perwakilan dari ketua program studi pendidikan ekonomi yaitu Mukhamad Zulianto, S.Pd., M.Pd yang juga memberikan sambutannya secara langsung atau offline sekaligus membuka acara Presentasi Lomba Essay Nasional pada hari Sabtu 14 November 2020.

Presentasi lomba esai dilakukan oleh peserta yang lolos seleksi finalis 10 besar dari berbagai universitas. Kemudian penjurian dilakukan oleh 3 juri yaitu Fuad Hasan., S.Pd., M.Pd., Novita Nurul Islami, S.Pd., M.Pd., dan Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Ed.

Berikut adalah informasi pemenang dari LINE Competition 2020

Juara Nama Ketua Tim
Juara 1 + Best Paper Thomas Wardana
Juara 2 Novia Rizkadara
Juara 3 Fenti Wahyu L.
Best Video Salsabilah Shofiyatul

Penulis : Nabila