Debat Ekonomi 2020: Pioneer Debat Online HMP PE Libra

 

Minggu, 4 Oktober 2020 HMP PE Libra sukses menggelar lomba debat ekonomi 2020 yang diadakan secara online dengan memanfaatkan media google meet. Meski masih dalam masa awal new normal, tidak menjadi sebuah pantangan bagi HMP PE Libra untuk tetap mengadakan lomba rutin yang diadakan tiap tahun tersebut. Maka tidak heran, jika lomba debat ekonomi 2020 memiliki suasana dan tekanan yang berbeda dengan lomba-lomba debat di tahun sebelumnya.

Lomba ini wajib diikuti oleh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018, 2019, dan 2020 dengan mendelegasikan masing-masing 6 perwakilan. Sehingga total peserta yang mengikuti lomba debat adalah 6 tim, dengan masing-masing 3 anggota dari tiap angkatan. Sebelum hari-H lomba debat dimulai, sebelumnya telah dilaksanakan Technical meeting tepatnya pada tanggal 25 September 2020, dan training debat pada tanggal 26-27 September 2020.

HMP PE Libra juga mengundang beberapa dosen pendidikan ekonomi yaitu Ibu Dr. Sri Kantun, M.Ed., dan Ibu Lisana Oktavisanti Mardiyana, S.Pd., M.Pd sebagai dewan juri dalam lomba debat ekonomi, serta kaprodi pendidikan ekonomi Bapak Wiwin Hartanto. S.Pd., M.Pd untuk penyampaian sambutan dan membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, Pak Wiwin bertutur bahwa, debat ini sebagai ajang berlatih bagaimana mengutarakan pendapat yang baik berdasarkan teori, opini yang berdasar, dan memahami debat secara akademik.

Sesuai dengan tema yang diangkat yaitu “Aktualisasi Peran Mahasiswa dalam Pemulihan Perekonomian Indonesia di Era Pandemi Covid-19”. Beberapa mosi yang diambil yaitu: Mosi babak penyisihan :’Pandemi Covid-19 mengancam krisis ekonomi Indonesia’, ‘Sistem Pembelajaran daring / SFH di era pandemi Covid-19’, dan ‘Mahasiswa berperan nyata dalam meningkatkan perekonomian Indonesia’. Mosi semifinal: ‘Dampak Pandemi Terhadap Pariwisata’, dan ‘Penghapusan Pajak Mobil’. Kemudian mosi babak final adalah ‘Pilkada Dilaksanakan, Kesehatan Dipertaruhkan.’

Sistem debat yang digunakan adalah sistem parlemen asia. Memasuki acara inti, yaitu dimulai dengan pembacaan peraturan dan pengundian urutan peserta lomba debat, mosi, dan pengundian pro/kontra. Setelah hasil pengundian tersebut ditentukan, 2 tim yang akan memasuki sesi debat diberi waktu 3 menit untuk penyusunan argumen. Setelah debat dimulai, maka kedua tim dipersilahkan oleh moderator untuk menyampaikan argumennya masing-masing. Setiap pembicara memiliki waktu untuk menyampaikan argumen, yaitu pembicara 1 (3 menit), pembicara 2 (2 menit), pembicara 3 (2 menit), pembaca kesimpulan 3 menit, dan untuk yang mengajukan POI 30 detik. Setelah setiap sesi selesai dilaksanakan, moderator mempersilahkan dewan juri untuk memberikan penilaian. Serta setelah satu babak selesai dilaksanakan, dewan juri diberi waktu untuk memutuskan tim yang lolos ke babak selanjutnya. Keseluruhan acara pun berlangsung selama kurang lebih tujuh jam termasuk jeda istirahat.

Untuk pemenang lomba debat ekonomi 2020 yaitu adalah sebagai berikut:

Juara 1 dengan perolehan skor 2064, diraih oleh tim 2: Naufal Herlambang (2020), Zuhad Agil (2018), dan Wasilatul Maqfiroh (2019).

Juara 2 dengan perolehan skor 2033, diraih oleh tim 5: Alwan Ubaidurrahman(2020), Rahadian Rizki(2019), dan Churrotul Aini(2018).

Best Speaker, diraih oleh Naufal Herlambang (Tim 2 /2020)

 

 

 

Penulis: Nabila