Bagaimana cara belajar yang baik? Ini jawabannya

sumber : Google

Anda pasti pernah atau bahkan sering belajar bukan? Belajar memang sudah menjadi kebiasaan bagi setiap siswa ataupun mahasiswa. Dan bahkan sudah masuk ke dalam dunia kerja, pasti anda tetap belajar bukan? Kita sering melakukannya, tetapi mengapa kebanyakan orang gagal menghadapi ujian karena cara belajar yang salah. Seringkali orang belajar hanya pada saat ujian, sehingga belajarnya pun kurang optimal. Lalu bagaimana cara belajar yang baik? Kita akan membahasnya
Yang pertama kita lakukan adalah “sering membaca buku pelajaran”. Kebanyakan orang lebih banyak membaca novel, wattpad, chat whattsap dibanding buku pelajaran. Bukan dilarang membaca novel, justru dengan membaca novel dapat merangsang otak lebih kreatif. Tapi alangkah baiknya harus di imbangi dengan membaca buku pelajaran. Dengan begitu kita akan banyak wawasan dan lebih kreatif lagi.
Selanjutnya yaitu, “belajar dengan memahami bukan menghafal”. Kebanyakan dari kita belajar dengan cara menghafal apalagi menghafalnya satu hari sebelum ujian dilaksanakan. Kannnnn????. Sebenarnya cara ini tidak salah tapi kurang efektif untuk belajar, karena jika menghafal dengan mudah materi akan hilang dari otak kita. Tapi jika kita belajar dengan memahami materi yang diberikan pendidik materi itu tidak akan mudah hilang dari otak kita. Karena dengan memahami kita akan terus menyimpan didalam otak kita.
Yang ketiga, “belajar kelompok”.apakah anda sering belajar kelompok? Saat ini jarang sekali yang belajar kelompok dengan keinginan pribadi, kebanyakan mereka hanya akan belajar kelompok apabila mendapat tugas dari pendidik. Sebenarnya belajar kelompok sangat berpengaruh penting dalam proses belajar. Dengan belajar kelompok kita lebih mudah memahami materi.
Dan terakhir, “bertanya”. Bertanya kepada teman / guru / dosen. Seperti peribahasa malu bertanya sesat dijalan. Dengan peribahasa itu seharusnya kita sadar seberapa penting bertanya. Apalagi bertanya mengenai pelajaran. Dengan bertanya apalagi terkait materi yang belum dikuasai sangatlah penting dan berpengaruh dalam menghadapi ujian. Apabila malu bertanya kepada guru/dosen kita dapat bertanya kepada teman yang jauh lebih memahami terkait materi tersebut.
Itulah beberapa cara belajar yang dapat dilakukan dalam proses belajar. Apabila belajar kita baikmaka hasilnya pasti akan lebih baik lagi. Dan belajar adalah kunci kesuksesan untuk kita. Semoga bermanfaat ya! Semangattt!!
Penulis: sk