Perhelatan Tahunan Debat Ekonomi Tingkat Nasional oleh IMAPESI

JEMBER, Perhelatan tahunan Debat Ekonomi Tingkat Nasional oleh IMAPESI (Ikatan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Seluruh Indonesia) kembali diadakan pada Minggu, 29 April 2018 lalu. Debat Ekonomi Tingkat Nasional kali ini mengusung tema “Sustinable Development Goals Sebagai upaya memperkuat perekonomian di Indonesia”, dengan Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jember sebagai tuan rumah.

“Ajang ini menjadi wahana bagi mahasiswa untuk lebih berfikir kritis dan peka terhadap isu yang muncul di masyarakat. Karena sejatinya dalam satu isu, dapat ditinjau dari beberapa aspek” ujar Yusuf Arif Setiawan, Ketua Umum IMAPESI saat memberi sambutan Debat Ekonomi Tingkat Nasional, Minggu (29/04/18).

Debat Ekonomi ke-empat ini diikuti oleh 16 tim yang berasal dari 12 perguruan tinggi di Indonesia. Dengan menggunakan sistem parlementer Asia, para peserta harus melewati beberapa tahap perlombaan, antara lain: babak penyisihan untuk memperebutkan kursi 8 besar, dilanjutkan dengan babak semifinal untuk menentukan empat tim yang maju pada babak final, dan yang terakhir adalah babak final bagi empat tim yang terseleksi pada babak sebelumnya.

Babak final menjadi momen yang paling mendebarkan karena mosi yang digunakan sama sekali tidak diketahui oleh keempat tim tersebut. Peserta hanya mendapatkan waktu kurang lebih 1 jam untuk menyiapkan data sebelum bertanding.

Adapun susunan pasangan tim yang bertanding pada babak final: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melawan Universitas Negeri Jenderal Soedirman (UNSOED) untuk menentukan posisi ketiga dan keempat. Serta Universitas Sebelas Maret (UNS) melawan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) untuk memperebutkan posisi juara umum dan runner up.

Dan tim dari UNS berhasil menyabet Juara Umum Debat Ekonomi Tingkat Nasional 2018, disusul oleh tim dari UNESA di posisi kedua, dan UNSOED di posisi ketiga.

Para pengurus Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi (HMP PE) Libra yang menjadi panitia di ajang bergengsi ini tidak hanya menyuguhkan prosesi pra debat berupa technical meeting dan inti debat saja, namun juga memfasilitasi kegiatan fieldtrip untuk seluruh peserta pada keesokan harinya di Museum Tembakau dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao.

Diharapkan agenda rutin IMAPESI ini dapat terlaksana jauh lebih baik lagi di tahun-tahun yang akan datang.

Salam mahasiswa!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *