RAPAT KERJA HMP PE LIBRA 2021 SEBAGAI LANGKAH AWAL KEPENGURUSAN YANG INOVATIF DAN PROGRESIF

PELAKSANAAN RAPAT KERJA HMP PE LIBRA 2021 SEBAGAI LANGKAH AWAL KEPENGURUSAN YANG INOVATIF DAN PROGRESIF

 

Jember – Sabtu (20/2) telah diselenggarakan Rapat Kerja HMP PE LIBRA 2021 yang merupakan agenda rutin tahunan yang wajib dilaksanakan oleh suatu organisasi. Setiap organisasi akan melakukan rapat kerja guna mengesahkan program kerja yang telah dirancang dan diajukan oleh pengurus periode baru.

Rapat Kerja HMP PE LIBRA 2021 mengusung tema “Mewujudkan Keorganisasian yang Inovatif, Millenial serta Berintegritas untuk Mencapai Quality Eduqation dalam SDGs 2030 di Pendidikan Ekonomi.” Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 20 Februari 2021 yang berlangsung mulai pukul 07.30 WIB – 14.00 WIB.

Dalam pelaksanaannya, Rapat Kerja HMP PE LIBRA 2021 ini sedikit berbeda dari periode sebelumnya. Hal ini karena kondisi pandemi covid-19 yang tidak memperbolehkan kita untuk melaksanakan kegiatan tatap muka secara langsung sehingga, kegiatan ini dilaksanakan dengan dua cara yakni secara online melalui virtual meeting dan secara offline di Gedung 1 FKIP Ruang 44B 101-102 Universitas Jember yang masing-masing dihadiri oleh pengurus baru HMP PE LIBRA 2021. Rapat kerja tahun ini juga turut dihadiri oleh Dewan pertimbangan dan Demisioner yang bertugas memberikan masukan dan saran untuk seluruh pengurus HMP PE LIBRA 2021.

Adapun program kerja yang telah disepakati dan disahkan dalam Raker HMP PE LIBRA 2021 dan akan dijalankan dalam satu periode kepengurusan ini diantaranya:

INTI

  • Sekretaris I : Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Kepengurusan,  Inventarisasi Kepengurusan, Notulen dan Presensi tiap rapat pengurus, Data Base Pengurus dan Alumni HMP PE LIBRA, Pembuatan Jaket HMP PE LIBRA, Pembuatan KTP HMP PE LIBRA, dan Pembuatan Buku/Album Kepengurusan.

 

  • Sekretaris II : Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Kepanitiaan, Inventarisasi Kepanitiaan dan Organizing

 

  • Bendahara I : Menghimpun dana iuran rutin per semester dan Pengadaan Inventaris HMP PE LIBRA.

 

  • Bendahara II : Iuran Pengurus dan Transaparansi Dana.

 

 

Departemen I Pendidikan, Pengembangan dan Jurnal:

  • Divisi Keilmuan memiliki 3 program kerja diantaranya, LINE (Libra’s National Essay Competition), PENA (Pengembangan dan Edukasi Kepenulisan Ilmiah) LIBRA, dan Debat Ekonomi.
  • Divisi HRD (Human Resource Development) memiliki 6 program kerja diantaranya, Diklat dan Pengukuhan, Rapat kerja, Upgrading, PDMO (Pelatihan Dasar Manajemen Organisasi), MATL (Musyawarah Anggota Tahunan Libra), dan Pemilu Raya.
  • Divisi Jurnal memiliki 3 program kerja diantaranya, OJS (Online Journal System), Eco-News, dan Pengelolaan Ruang Baca Pendidikan Ekonomi.

 

Departemen II Pemuda dan Olahraga:

  • Divisi Seni memiliki 3 program kerja diantaranya, EEC (Economic Education Competition), Diesnatalis Pendidikan Ekonomi Ke39, Baur Seni (Webinar Seni).
  • Divisi Keagamaan memiliki 5 program kerja diantaranya, SID (Study Islamic Development), Jum’at Berkah, Donasi LIBRA, Semarak Ramadhan LIBRA, dan EEC (Economic Education Competition).
  • Divisi Olahraga memiliki 4 program kerja diantaranya, EEC (Economic Education Competition) & EESC, LIBRA on The Road, Jalan-Jalan Sehat (Diesnatalis Pendidikan Ekonomi), dan LEC (Libra E-Sport Competition).

 

Departemen III Publikasi dan Relasi:

  • Divisi Kominfo memiliki 3 program kerja diantaranya, Jaringan Komunikasi (Pengelolaan Media Sosial dan Penghimpun data dokumentasi), Intimate Meeting, dan Digital learning (Software design).
  • Divisi Humas memiliki 4 program kerja diantaranya, Public Relation, Postek (Poster Ekonomi), PEJAR (Pendidikan Ekonomi Mengajar), dan LIBRA’s Family Virtual Gathering.

 

Departemen IV Kewirausahaan:

  • Divisi Kewirausahaan memiliki 4 program kerja diantaranya, Pengadaan Jaket dan KTP Pengurus HMP PE LIBRA, Jualan (Jasa Desain LIBRA, Paid Promote, Online Store), Bussines Plan, dan Webinar Personality Development.

 

Untuk ke depannya, seluruh pengurus HMP PE LIBRA 2021 berharap semoga program kerja yang telah disepakati dapat dilaksanakan dengan baik serta segala kendala yang hadir dapat diatasi.

 

Penulis : Putri Diana Juliawati & Zam Aditama